STUDI KASUS PERUSAHAAN DAGANG DAN JASA MENGGUNAKAN ABSS V.20

“PENJUALAN DAN SERVICE KOMPUTER PT. APIX”
  
Universitas Bina Sarana Informatika



                                    DISUSUN OLEH      :  PUGUH PRASETYO          11181137
                                                                          SUMARNI                           11180983
                                                                          PUTRI INDAH P                 11180804
                                                                          RUM AIRAWATI                11180828
                                                                          ANUGRAHLIUS T             11181127

Universitas Bina Sarana Informatika
Fakultas Teknologi Informasi
Program Studi Sistem Informasi Akuntansi
2019

A. Company Profile

PT APIX adalah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2015, bergerak dalam bidang penjualan barang berupa komputer dan aksesoris komputer. Sebagian barang-barang disuplai oleh pemasok yang menggunakan mata uang asing dan umumnya dibeli dengan sistem kredit dengan termin 2/10 n/30. Setelah dibeli barang-barang tersebut dijual kembali kepada para pelanggannya dengan sistem tunai maupun kredit dengan berbagai termin. Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya,
PT APIX juga menerima jasa service perbaikan komputer yang mengalami kerusakan. PT APIX sudah terdaftar menjadi PKP (Pengusaha Kena Pajak) sehingga setiap transaksi penjualan yang dilakukan wajib memungut PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10% dari nilai penjualan kepada setiap pelanggannya.
Pada bulan Januari 2019 PT APIX memutuskan untuk melakukan perubahan pencatatan akuntansi perusahaan, yang semula manual menjadi komputerisasi dengan menggunakan ABSS Premier V.20 dengan konsep multicurrency.
Nama               : PT APIX
Alamat             : Jalan Atlas No. 46, Jakarta 13760
No. Telepon     : 021-7897890
No. Fax            : 021-7897891
Email               : aboutapix@apix.com

B. Kebijakan Perusahaan

1. Periode Pembukuan
a. Periode pembukuan yang digunakan PT APIX dimulai pada tanggal 01 Januari 2019 dan ditutup pada tanggal 31 Desember 2019. Jumlah bulan periode akuntansi PT APIX adalah 13 bulan. Periode thirteen (tigabelas) digunakan untuk proses penyesuaian, sehingga kita bisa melihat laporan keuangan sebelum diaudit (periode 1-12) dan laporan keuangan setelah diaudit (periode 1-13).
b. List akun yang digunakan PT APIX Menggunakan daftar akun yang telah disiapkan oleh ABSS sesuai dengan jenis usahanya yaitu Computer Dealer.
c. Mata Uang yang digunakan menggunakan tiga mata uang yaitu: rupiah, dollar, dan singapure dollar.
System Preferences
Ceklis untuk opsi “I Deal in Multiple Currencies[System-Wide]”
Windows Preferences
Unceklis untuk opsi “Automatically Check Spelling in Text Fields Before Recording Transaction”
Sales Preferences
Ceklis untuk opsi: “Warn for Duplicate Invoices Numbers on Recorded Sales” Buat termin 2/10 Net 30 untuk termin pembayaran transaksi penjualan.
Purchases Preferences
Ceklis untuk opsi: “Warn for Duplicate Purchase Orders Numbers on Recorded Purchases”
Security Preferences
Buat user ID berdasarkan nama masing-masing

C. Berikut daftar mata uang yang perlu dibuat.

Currency Code
Currency Name
Exchange Rate
Currency Symbol
IDR
Rupiah
1
Rp
USD
United States Dollars
14.122
US$
SGD
Singapore Dollars
10.431
$S

d. Format tanggal yang digunakan adalah “dd/mm/yyyy”.
2. Pembelian
a. Setiap pembelian kepada supplier yang sudah memiliki PKP (Pengusaha Kena Pajak) akan dikenakan PPN  sebesar 10% dari nilai pembelian yang akan dimasukan ke akun pajak masukan.
b. Setiap retur pembelian akan diperhitungkan pengurangan atas nilai utang dan juga akan mengurangi nilai PPN masukan sebesar 10%.
c. Potongan pembelian saat melakukan pembayaran untuk nilai PPN tidak diperhitungkan dan dihitung sesuai dengan negoisasi terhadap supplier.
3. Pengeluaran Kas
a. Transaksi pengeluaran di bawah Rp. 1.000.000,- dibayar menggunakan akun kas kecil.
b. Transaksi pengeluaran di atas Rp. 1.000.000,- dibayar menggunakan akun Cash berdasarkan nama mata uang yang digunakan.
c. Pengkodean untuk Kas Keluar : BKK-Nomor Urut transaksi.
4. Penjualan
a. Setiap penjualan akan diperhitungkan PPN 10% dari nilai penjualan (harga jual belum termasuk pajak).
b. Setiap transaksi penjualan akan dikenakan PPN sebesar 10% dari nilai penjualan yang akan dimasukan ke akun pajak keluaran.
c. Setiap retur penjualan akan diperhitungkan pengurangan atas nilai PPN keluaran sebesar 10%.
d. Potongan penjualan saat penerimaan pembayaran untuk nilai PPN tidak diperhitungkan dan dihitung sesuai dengan negoisasi terhadap pelanggan.
e. Pengkodean untuk Faktur Penjualan : FJ-TglBln-Nomor Urut transaksi.
5. Penerimaan Kas
a. Setiap penerimaan kas akan segera mungkin disetorkan ke rekening Bank.
b. Pengkodean untuk Kas Masuk : BKM-Nomor Urut transaksi.
6. Persediaan Barang
a. Sistem pencatatan transaksi persediaan adalah perpetual
b. Setiap akhir bulan dilakukan penyesuaian stok persediaan dengan stock digudang berdasarkan stock opname dan harga perolehan diakui berdasarkan metode FIFO.
7. Penyusunan Aktiva Tetap
a. Metode penyusutan aktiva tetap menggunakan metode garis lurus.
b. Perhitungan dan pencatatan untuk penyusunan aktiva tetap akan dilakukan setiap akhir bulan

D. Setup Data Akun
1. Menghapus Data Akun Yang Tidak Digunakan
a) 1-2120 Payroll Cheque Account
b) 1-2130 Cash Drawer
c) 1-2210 Less Prov’n for Doubtful Debts


2. Edit akun.
No
Data Akun lama
Data Akun Baru
Nomor Akun
Nama Akun
Nomor Akun
Nama Akun
1
1-2110
Cheque Account
1-2110
Cash (IDR)
2
1-2140
Petty Cash
1-2140
Bank BCA (IDR)
3
1-2160
Undeposited Funds
1-3170
Undeposited Cheque
4
1-2200
Trade Debtors
1-2200
Trade Debtors (IDR)
5
2-2200
Trade Creditors
2-2200
Trade Creditors (IDR)


3. Buat Akun Baru
Acccount Type
Account #
Acc Name
H/D
Bank
1-2120
Cash (USD)
Detail
Bank
1-2121
Cash (USD) Exchange
Detail
Bank
1-2130
Cash (SGD)
Detail
Bank
1-2131
Cash (SGD) Exchange
Detail
Bank
1-2150
Bank (USD)
Detail
Bank
1-2151
Bank (USD) Exchange
Detail
Bank
1-2160
Bank (SGD)
Detail
Bank
1-2161
Bank (SGD) Exchange
Detail
Account Receivable
1-2210
Trade Debtors (USD)
Detail
Account Receivable
1-2211
Trade Debtors (USD) Exchange
Detail
Account Receivable
1-2220
Trade Debtors (SGD)
Detail
Account Receivable
1-2221
Trade Debtors (SGD)Exchange
Detail
Account Payable
2-2220
Trade Creditor (USD)
Detail
Account Payable
2-2221
Trade Creditor (USD) Exchange
Detail
Account Payable
2-2230
Trade Creditor (SGD)
Detail
Account Payable
2-2231
Trade Creditor (SGD) Exchange
Detail
Other Liability
2-2340
VAT Clearing
Detail
Other Income
8-2000
Fores Gain (Loss)
Header
Other Income
8-2100
Realised Gain (Loss) Forex
Detail
Other Income
8-2200
Unrealised Gain (Loss) Forex
Detail



PEMBUATAN DATA JOB
Job No
Job Name
P
Produk
J
Jasa





 PEMBUATAN PRICE LEVEL
Price ID
Price Name
A
IDR
B
USD
C
SGD

PEMBUATAN CATEGORIES
Categories ID
Categories Name
L
Local
O
Overseas


PT. APIX
TRIAL BALANCE
JANUARI – DESEMBER 2018
Acc No.
Account Name
Debit
Credit
1-1110
Store Equip – at Cost
Rp. 1.550.000.000

1-1120
Store Equip – Accum Dep’n

Rp.518.750.000
1-1410
Office Equip – at Cost
Rp.450.000.000

1-1420
Office Equip – Accum Dep’n

Rp.306.250.000
1-2110
Cash (IDR)
Rp.57.289.700

1-2120
Cash (USD)
US$2.000

1-2121
Cash (USD) Exchange
Rp.28.242.000

1-2130
Cash (SGD)
S$1.000

1-2131
Cash (SGD) Exchange
Rp.10.430.000

1-2140
Bank BCA (IDR)
Rp.200.000.000

1-2150
Bank (USD)
US$21.000

1-2151
Bank (USD) Exchange
Rp.296.541.000

1-2160
Bank (SGD)
S$5.500

1-2161
Bank (SGD) Exchange
Rp.57.365.000

1-2200
Trade Debtors (IDR)
Rp.27.500.000

1-2210
Trade Debtors (USD)
US$140

1-2211
Trade Debtors (USD) Exchange
Rp.1.976.940

1-2220
Trade Debtors (SGD)
S$80

1-2221
Trade Debtors (SGD) Exchange
Rp.834.400

1-2310
Computer
Rp.83.716.000

1-2320
Printer
Rp.6.175.000

1-2330
Modems
Rp.4.000.000

2-2200
Trade Creditor (IDR)

Rp.1.000.000
2-2220
Trade Creditor (USD)

US$50
2-2221
Trade Creditor (USD) Exchange

Rp.706.050
2-2230
Trade Creditor (SGD)

S$75
2-2231
Trade Creditor (SGD) Exchange

Rp.782.250
2-2310
VAT Collected

Rp.30.595.000
2-2330
VAT Paid
Rp.50.090.000

3-1100
Owner/Sharehldr Capital

Rp.645.000.000
3-1200
Owner/Sharerhldr Drawing
Rp.13.600.000

3-8000
Retained Earning

Rp.1.329.706.335


Data Pelanggan Pemasok dan Karyawan
Card Type
Name
Card ID
Address
Currency
Customer
PT. kurnia
C001
Jl. Permai Blok B No. 42, Jakarta Barat
USD
Customer
MAYA
C002
Perum Nusa Indah 2 Blok E No. 18, Tangerang
IDR
Customer
PT. REDMAS
C003
Jl. Ring Road No. 32, Jakarta Barat
SGD
Customer
Setiawan
C004
Jl. Semeru No. 108, Depok
IDR
Customer
PT. DAC
C005
Jl. Kebagusan Raya No. 89, Serang Timur
USD
Supplier
PT. shanpro
S001
Jl. Bunga Lili No. 20, Jakarta Selatan
IDR
Supplier
PT. GAC
S002
Jl. Season Putih No. 63, Bogor
USD
Supplier
PT. TUBE ME
S003
Jl. Peta Barat No. 80, Jakarta Barat
SGD
Supplier
ZHUSAN
S004
Jl. Satu Swadaya No. 48, Jakarta Timur
IDR
Supplier
PT. ANGKASA
S005
Jl. Mekar Sari No. 5, Palembang
SGD
Employee
YEYEN
E001
Jl. Ahmad Dahlan no. 56, Jakarta Barat
IDR
Employee
NILAM
E002
Perum Permai Blok C No. 7, Tangerang
USD

PENCATATAN SALDO PIUTANG
Card Type
Name
No. Inv
Tanggal
Opening Balance
Job
Kategory
Customer
PT. KURNIA
INV-01
27/12/2018
US$ 85
P
O
Customer
MAYA
INV-02
30/12/2018
Rp. 20.500.000
J
L
Customer
PT. REDMAS
INV-03
28/12/2018
S$ 80
P
O
Customer
Setiawan
INV-04
29/12/2018
Rp. 7.000.000
P
L
Customer
PT. DAC
INV-05
30/12/2018
US$55
J
O

PENCATATAN SALDO HUTANG
Card Type
Name
No. Inv
Tanggal
Opening Balance
Job
Kategory
Supplier
PT. TUBE ME
INV-01
30/12/2017
S$40
J
O
Supplier
ZHUSAN
INV-02
29/12/2017
Rp. 250.000
P
L
Supplier
PT. shanpro
INV-03
30/12/2017
Rp. 750.000
P
L
Supplier
PT. GAC
INV-04
29/12/2017
US$ 30
J
O
Supplier
PT. GAC
INV-05
30/12/2017
US$ 20
J
O
Supplier
PT. ANGKASA
INV-06
29/12/2017
S$35
P
O


PENCATATAN PERSEDIAAN BARANG
1.       Setup Item List
Item No.
A001
A002
A003
A004
Item Name
HP Laptop
Accer  
Printer Canon
Modem Smart Fren 4G LTE
I Buy This Item
5-1100 Hardware - Purchase
5-1100 Hardware - Purchase
5-1100 Hardware - Purchase
5-1100 Hardware - Purchase
I Sell This Item
4-1100 Hardware
4-1100 Hardware
4-1100 Hardware
4-1100 Hardware
I Inventory This Item
1-2310 Computers
1-2310 Computers
1-2320 Printers
1-2330 Modems
Selling Price
IDR : 8.535.000
US$ : 605
S$ : 819,5
IDR : 14.747.000
US$ : 1044,3
S$ : 1414,5
IDR : 575.000
US$ : 40,7
S$ : 55,2
IDR : 509.000
US$ : 36
S$ : 48,8
Tax Code When Bought/Sold
N-T
N-T
N-T
N-T
Unit
Unit
Unit
Unit
Unit

2.       Opening Balace Untuk Persediaan
Item No.
Item Name
Qty
Unit Cost
Account
A001
HP LAPTOP
5
Rp 8.135.000
1-2310
A002
ACCER
3
Rp 14.347.000
1-2310
A003
PRINTER CANON
13
Rp 475.000
1-2310
A004
MODEM SMART FREN 4G LTE  
10
Rp 400.000
1-2310

E. DATA TRANSAKSI
1.       Transaksi pembelian tunai (mata uang USD)
Tanggal 03 Januari 2018 perusahaan membeli barang secara tunai kepada PT. TUBE ME. Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh PT APIX: [nomor Purchase: FB030101], [Job: P], [kategori: O], [Exlude 10% PPN]

Kode Barang
Nama Barang
Jumlah
Harga Beli
Total Beli
A001
HP LAPTOP
10
S$ 779
US$ 7790
Total
US$ 7790
Total Pajak
US$ 779,00
Total Setelah Pajak
US$ 8569,00

2.       Pembayaran Transaksi Pembelian Tunai
Tanggal 03 Januari 2018 perusahaan membayar transaksi kepada PT. TUBE ME menggunakan Bank (SGD) sebesar S$ 8569,00. [Cheque No.: BK030101], [Job: P], [kategori: O].

 3.       Transaksi pembelian kredit (mata uang IDR)
Tanggal 03 Januari 2018 perusahaan membeli barang secara kredit kepada PT shanpro Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh PT APIX: [nomor Purchase: FB030102], [Job: P], [kategori: L], [Exlude 10% PPN].                                          

Kode Barang
Nama Barang
Jumlah
Harga Beli
Total Beli
A003
PRINTER CANON
5
Rp. 475.000
Rp. 2.375.000
Total
Rp. 2.375.000
                                                                                                                                                                                                                                 Total Pajak
Rp. 237.500
Total Setelah Pajak
Rp. 2.612.500

4.       Transaksi purchase untuk pengembalian barang yang rusak (Return n Debits)
Pada tanggal 5 Januari 2018 dengan nomor purchase FB050101 perusahaan melakukan pengembalian barang dengan mata uang asing kepada PT. TUBE ME Berdasarkan nomor Purchase#: FB030101 pada tanggal 03 Januari 2018 dengan cara pembayaran tunai. Rinciannya sebagai berikut: [Exlude 10% PPN].

Kode Barang
Nama Barang
Jumlah
Harga Beli
Total Beli
A001
HP Laptop
1
S$ 779
US$ 779
Total
US$ 779
Total Pajak
US$ 77.90
Total Setelah Pajak
US$ 856.90

5.       Transaksi Pelunasan hutang (mata uang : IDR)
Pada tanggal 10 Januari 2018 perusahaan Melakukan pelunasan hutang kepada ZHUSAN sebesar Rp 250.000 menggunakan Bank BCA. [Cheque No: BK100101).

6.       Transaksi Penjualan Barang (mata uang : USD)
Pada tanggal 10 Januari 2018 PT. KURNIA membeli barang secara kredit dengan Termin Net 10th after EOM. Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh PT KURNIA: [Exlude 10% PPN], [Job: P], [Category : O].
PT. APIX
Jalan Atlas No. 46 13760 Jakarta
Faktur Penjualan
No. : FJ100101 Dijual Kepada : PT. KURNIA
Tanggal : 10/01/2018 Alamat : Jakarta Barat  Termin : Net 10th after EOM
Kode
Nama
Qty
Harga
Total
A002
ACCER
3
US$ 1.044,3
US$ 3.132,90
A004
Modem Smart Fren 4G LTE
2
US$ 36
US$ 72
Total Pajak
US$ 320,49
Total Setelah Pajak
US$ 3.525,39
Diterima Oleh                                                                Disetujui Oleh

(……………...)                                                              (……………...)

7.       Transaksi Sales untuk jenis Service (mata uang : USD)
Setiawan memesan jasa sevice komputer sebesar Rp. 500.000 menggunakan konsep COD. [Inlude 10% PPN], [Job: P], [Category : L], [Job: S].

PT. APIX
Jalan Atlas No. 46
13760
Jakarta
Faktur Penjualan
No. : FJ120101 Dijual Kepada : Setiawan
Tanggal : 12/01/2018 Alamat : Depok
Termin : COD
No
Nama
Harga
Total
1
Service Komputer
Rp. 500.000
Rp. 500.000
Total
Rp. 500.000
Total Pajak
-
Total Setelah Pajak
Rp. 500.000
Diterima Oleh                                                                 Disetujui Oleh


(……………...)                                                               (……………...)

8.       Transaksi Penerimaan Pelunasan Penjualan
Pada tanggal 12 Januari 2018 perusahaan menerima pembayaran pelunasan dari Setiawan untuk transaksi tanggal 12 Januari 2019 dengan nomor Inv#: FJ120101 sebesar Rp. 500.0000 transfer melalui Bank BCA (IDR) [IDR: R120101].

9.       Transaksi Pelunasan Piutang
Pada tanggal 12 Januari 2018 perusahaan menerima pembayaran piutang dari PT. DAC atas nomor Inv: INV-05 sebesar US$ 55 ke akun Cash (USD) [IDR: R120102].

10.   Transaksi Retur Penjualan
Tanggal 13 Januari 2018 perusahaan mendapat Retur dari PT. KURNIA dengan no. INV: FJ130101 berdasarkan transaksi pada tanggal 10 januari 2018 (No. FJ100101) secara kredit dengan Termin Net 10th after EOM. [Exlude 10% PPN], [Job: P], [Category : O]
Kode Barang
Nama
Jumlah
Harga Beli
Total Beli
A004
Modem Smart Fren
1
US$ 36
US$ 36
Total
US$ 36
Total Pajak
US$ 3,6
Total Setelah Pajak
US$ 39,6

  
11.   Transaksi Penjualan Kredit (Mata uang SGD)
Pada tanggal 15 Januari 2018 PT. REDMAS membeli barang secara kredit dengan Termin Net 10th after EOM. Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh PT REDMAS: [Exlude 10% PPN], [Job: P], [Category : O], [Rate: 1S$= 10.500].

PT. APIX
Jalan Atlas No. 46
13760
Jakarta
Faktur Penjualan
No. : FJ150101 Dijual Kepada : PT. REDMAS
Tanggal : 15/01/2018 Alamat : Jakarta Barat
Termin : Net 10th after EOM
Kode
Nama
Qty
Harga
Total
A003
Printer Canon
5
U$ 55,2
S$ 276
A004
Modem Smart Fren
3
U$ 48,8
S$ 146,60
Total Pajak
S$ 42,24
Total Setelah Pajak
S$ 464,64
Diterima Oleh                                                    Disetujui Oleh


(……………...)                                                  (……………...)


12.   Perusahaan Membayar Biaya Telepon
Pada Tanggal 16 Januari 2018, perusahaan membayar biaya listrik dan air sebesar Rp1.550.000 menggunakan akun Kas.

BUKTI KAS KELUAR
Ref No : KK160101                                                                              Tanggal : 16 Januari 2018
Dibayar Kepada                        : Petugas Telkom
Sejumlah                                  : 1.550.000 (melalui kas)
Keterangan                               : Membayar biaya telepon (Januari)
Sejumlah dengan huruf             : Satu Juta Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah



13.   Perusahaan Membayar Gaji Karyawan menggunakan mata uang IDR
Pada tanggal 26 Januari 2018 PT APIX melakukan pembayaran gaji karyawan atas nama YEYEN menggunakan mata uang IDR sebesar 3.900.000.

BUKTI KAS KELUAR
REF No: KK260101                                                Tanggal : 26 Januari 2018
Dibayar kepada
Sejumlah
Keterangan
: YEYEN
: Rp. 3.900.000 (melalui Bank BCA)
: Gajian Karyawan bulan Januari
Sejumlah dengan huruf : Tiga Juta Sembilan Ratus rupiah
Disetujui oleh                           Dibayar oleh                         Diterima oleh
 (…………….)                        (…………….)                       (…………….)


14.   Perusahaan Membayar Gaji Karyawan menggunakan mata uang USD
Pada tanggal 26 Januari 2018 PT APIX melakukan pembayaran gaji karyawan atas nama NILAM menggunakan mata uang USD sebesar US$268. [Rate: 1USD= Rp. 14.500]

BUKTI KAS KELUAR
REF No: KK260102 Tanggal : 26 Januari 2018
Dibayar kepada
Sejumlah
Keterangan
: NILAM
: US$268 (melalui Cash (USD))
: Gajian Karyawan bulan Januari a.n NILAM
Sejumlah dengan huruf : Dua Ratus Enam Puluh Delapan Dollar
Disetujui oleh                              Dibayar oleh                         Diterima oleh
(…………….)                             (…………….)                      (…………….)

15.   Perusahaan Melakukan Transfer Bank
Pada tanggal 27 Januari 2018 PT APIX melakukan transaksi transfer Bank dari Bank BCA (IDR) ke akun Cash (IDR) sebesar Rp. 4.200.000 (gunakan fasilitas Spend Money). [Cheque No: BKM0001] [Kategory: L]

F. TRANSAKSI JURNAL DAN PENCATATAN LAPORAN

1.      Jurnal penyusutan aktiva tetap
Pada tanggal 31 Januari 2018 lakukan pencatatan jurnal penyusutan aktiva tetap untuk Store Equipment sebesar Rp. 1.000.000. [GJ: GJ310101][Category: L]

2.      Jurnal Penyesuaian Persediaan
Pada tanggal 31 Januari 2018 lakukan proses adjust inventory untuk mencatat persediaan yang hilang yaitu kode MGH sebanyak 2 dengan unit cost yang tidak diketahui nominalnya. [IJ#: IJ310101], [Categoty: L] [Job: P]

G. PENCETAKAN LAPORAN
Tampilkan laporan jurnal transaksi yang dibuat dari record journal entry dengan periode tanggal yang terpilih. Laporan ini nantinya dapat dikirim ke program lain misal ke Microsoft excel.

Untuk pembahasan langkah-langkahnya silahkan download modulnya disini!
atau tonton video tutorialnya disini:

Comments

Popular posts from this blog

SISTEM PRESENSI PEGAWAI

Makalah Kekayaan Intelektual (Intellectual Property)